Search

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

       Pada saat ini siapa sih yang gak kenal yang namanya komputer??? hehehe… Sekarang ini komputer telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi berbagai kalangan di seluruh dunia dan juga di Indonesia tentunya. Apalagi saat ini ada yang namanya Internet yang dijadikan sebagai media sosial yang mana dapat diakses di seluruh dunia. Tetapi sayangnya kebanyakan anak-anak sekarang malah sering main game dari pada memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran mereka. Ya sudahlah mungkin hal diatas udah gak perlu lagi dilanjutin langsung saja, sebagai pengguna komputer (apalagi komputer pribadi) pastinya komputer kita tidak selalu dalam keadaan baik, terkadang eror, ada file yang korup (hilang), bahkan tidak menyala sama sekali. Tapi jangan khawatir sebenarnya komputer itu susah rusaknya kecuali karena dibanting. Untuk itu pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa masalah komputer dan cara mendeteksi kerusakan serta penanggulangannya Khusus Pemula (seperti saya).

1. Masalah Pada Perangkat Lunak (Software)
       Bagi sobat yang komputernya mengalami masalah ini biasanya tidak lepas ikatan dari yang namanya Virus. Ya, sesuai namanya virus ini menyebarkan penyakit-penyakit ke perangkat lunak (software) lainnya bahkan sampai menginfeksi ke system32 WINDOWS kita. Apabila virus ini sampai menginfeksi ke system32 cukup sulit untuk mengatasi masalah ini. Bukan hanya itu, virus-virus ini juga dapat merusak/menyembunyikan file-file yang tersimpan di drive kita, bayangkan aja apabila file tersebut adalah file penting aduhhhhhh… kita pasti stress. Tetapi tenang dulu, gak semua virus itu dapat ngelakuian hal diatas kalau kita tahu cara untuk mencegahnya menebar virus-virusnya.
Untuk Mendeteksi Virus : maka perangkat utama bagi komputer kita adalah software antivirus. Dalam hal ini sebaiknya kita menggunakan antivirus yang kemampuannya standard dan dapat mendeteksi berbagai virus seperti malware, spyware, spam, worm, trojan, dan lainnya. Saya menyarankan AVIRA Antivirus Free (soalnya yang full itu butuh key untuk aktivasi jangka terbatas).
Solusi Perbaikan : Insya allah, dengan menggunakan antivirus dapat mengamankan komputer sobat sekalian dari berbagai virus di atas. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Penginstalan Antivirus sebaiknya dilakukan sebelum komputer terkena virus karena apabila instalasi dilakukan setelah komputer tadi terinfeksi virus maka, virus tadi juga akan menyerang antivirus yang akan kita install tadi pada saat proses instalasinya, ya jadi sia-sia aja deh. Jadi, saya sarani untuk install ulang windowsnya dulu deh, untuk menghapus virusnya (dengan syarat format semua partisi). Apabila ada data penting silakan backup aja dulu kemudian restore sesudah install ulang windows dan antivirusnya atau apabila ukuran datanya kecil baiknya simpan/copy ke flashdisk.
Pencegahan : Apabila antivirus kita mendeteksi suatu virus maka hendaknya kita harus teliti untuk mengambil tindakan, jangan selalu tidak memperdulikan peringatan yang muncul. Dalam hal ini kita memang dituntut untuk mengenal beberapa virus yang berbahaya dan yang hanya sekedar crack (Software Bajakan sehingga dianggap virus oleh antivirus). Selain itu, kita juga harus berhati-hati dengan flashdisk yang akan di tancapkan di komputer karena rata-rata penyebaran virus ialah dari flashdisk dan media penyimpanan eksternal lainnya.

2. Masalah Pada Perangkat Keras (Hardware)
a. Kerusakan Pada Power Supply
       Meskipun jarang terjadi, namun perlu kita ketahui bahwa perangkat satu ini juga sangat berperan penting sebagai penyedia arus listrik untuk komputer sobat sekalian agar bisa hidup (ON). Kerusakan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil ataupun kerusakan pada komponen-komponen yang terdapat pada power supply itu.
Ciri-ciri Kerusakan : Apabila bagian power supply bermasalah maka CPU kita tidak akan menyala sama sekali biaik itu LED power, kipas CPU maupun kipas power supply tidak dapat menyala.
Solusi Perbaikan : Sebelum membongkar power supplynya sebaiknya kita terlebih dahulu memastikan apakah kabel benar-benar terhubung ke sumber arus, terus cek apakah kabel tersebut masih bagus atau tidak. (Untuk mengecek apakah kabel dalam keadaan baik/tidak putus gunakanlah AVO meter). Apabila kabelnya bagus maka silahkan sobat bongkar dan periksa power supply nya dengan memperhatikan apakah ada komponen yang terbakar/rusak. Perlu sobat ketahui kerusakan power supply biasanya disebabkan komponen elco yang gembung atau bocor. Nah, lebih mudahnya lagi sobat sekalian bisa ganti power supply tadi dengan yang baru kira-kira harganya sekitar Rp 100.000.- di toko-toko yang ada. Sobat juga bisa membelinya di Warnet Azizi.Net, Kampung Baru (hehehehehe... Promosi dikit).
Pencegahan : Agar power supply kita tahan lama maka kita hanya perlu memberikan tegangan yang stabil untuk itu maka gunakanlah stabilizzer untuk arus stabil ataupun UPS sebagai penyedia arus cadangan apabila listrik padam sehingga komputer tidak mati tiba-tiba.

b. Kerusakan Pada MotherBoard (MainBoard)


Sekian dulu yah, lanjutannya akan saya post nanti ………………
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Blog's Stats